Anak teknik tapi magang di NGO? Siapa takut!

Sebagai mahasiswi Teknik Industri Universitas Indonesia, kerja di NGO bukan hal yang menjadi tujuan pada awalnya untuk kebanyakan lulusan teknik.

Kecintaan pada dunia sosial tumbuh dari hari ke hari dengan mengikuti berbagai macam kegiatan sosial mulai dari volunteer mengajar di Rumah Belajar di kawasan Jakarta Timur dimana tanahnya adalah tanah sengketa dan terancam digusur. Dari situ mulai mengerti rasanya dan bahagianya saat ilmu yang kita punya dibagikan kepada yang membutuhkan. Kecintaan terhadap dunia sosial ini makin berkembang, punya niat untuk bagaimana ya kalau seumur hidup apa yang dilakukan adalah pekerjaan yang membantu orang? Sambil mencari jati diri akhirnya..

ASEAN Foundation

Setelah 8 bulan memberanikan diri untuk apply posisi Programme Intern, akhirnya email balasan datang juga!
Kalau ditanya seneng apa ngga?
Gausah dijawab karena pasti kalian tau lah ya
Tapi sayangnya, saat mulai magang pandemi COVID-19 lagi merebak, terpaksa harus Work from Home.

File:ASEAN Foundation.png - Wikimedia Commons

ASEAN Foundation itu adalah salah satu body council dari ASEAN Secretariat tapi lebih difokuskan untuk empower youth generation. Satu divisi gue ada 2 intern yang satu dari Brunei dan satu lagi gue! Seneng banget karena ini pertama kalinya gue bisa magang dengan berbagai macam latar belakang.

Intern di ASEAN Foundation sesuatu hal yang menyenangkan.
Dimana kita bisa:
Tumbuh.
Belajar.
Membantu sesama.

Moderator untuk International Event

Hal paling membanggakan waktu itu adalah saat ditunjuk pada kesempatan untuk jadi moderator untuk acara internasional padahal bahasa inggrisnya gak bagus-bagus banget. Super nerveous!!!


Pagi itu, gue dapet kesempatan untuk bisa berbincang dengan narasumber dari berbagai negara seperti Vietnam, Philippines, Thailand, Singapore, dan Indonesia. Mungkin banyak kurangnya selama menjadi moderator, tapi kalau tidak mencoba kapan bisa belajar?

Project Planning untuk International Event

Kalau ditanya pekerjaannya apa di Programme, banyak hal yang bisa dicakup mulai dari planning, execution, dll. 
Untuk intern selama dua bulan di awal 2020, kebanyakan yang gue kerjakan adalah saat planning phase dimana tanggung jawabnya adalah menstruktur proposal untuk kegiatan internasional dan membantu beberapa proyek yang sedang running pada bulan itu. 

Apa yang dipelajari kerja dengan orang dengan latar belakang berbeda-beda?


Dihargai setiap pendapatnya
Walaupun posisi ada di paling bawah, tapi mereka selalu bertanya komentar dan feedback terhadap sesuatu hal, tidak membeda-bedakan dan tidak mengecilkan siapapun. Every word matters.

Melihat berbagai sudut pandang
Coba bayangkan bekerja dengan berbagai macam orang dan kewarganegaraan, sulit yah kelihatannya? Ternyata ngga! Semakin banyak ide dan kreativitas yang tumbuh dari berbagai kepala.

"Hidup adalah sejatinya tumbuh dan belajar dimanapun tempatnya dan dengan siapapun"



#IniCeritaku

Instagram: @vania.salsab
Email: vaniasalsabila11@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Karya Ilmiah Remaja : Manfaat Buah Sawo

Berita Menggunakan Basa Jawa (Krama)

Lirik Lagu One Direction Lengkap (album Up All Night)