Karya Ilmiah Remaja : Manfaat Buah Sawo


BAB I PENDAHULUAN

    1.1. Latar Belakang
          Buah sawo termasuk buah yang sudah familiar didengar tetapi mungkin belum banyak orang yang mengenal lebih dekat buah sawo. Dibalik rasanya yang manis , ternyata buah sawo menyimpan banyak manfaat selain hanya dimakan langsung. Salah satunya bisa menjadi obat diare yaitu getah buah dan daunnya. Getahnya juga bisa digunakan untuk campuran gula-gula.
          Selain kaya gula, sawo juga mengandung zat gizi lain seperti mineral, vitamin, karbohidrat, dan serat pangan. Buah ini juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Buah sawo (Achras sapota L) cukup dikenal masyarakat Indonesia. Baunya harum dan rasanya manis lezat. Dalam bahasa Inggris, sawo disebut sapodilla, chikoo, atau sapota. Di India, sawo disebut chikoo, di Filipina dikenal sebagai tsiko, dan di Malaysia ciku. Masyarakat Tionghoa menyebut buah sawo sebagai hong xiêm.
1.2  Tujuan
·           Memperkenalkan kepada masyarakat manfaat buah sawo selain untuk dimakan langsung
·           Memperkenalkan kepada masyarakat khasiat-khasiat buah sawo

1.3  Perumusan Masalah
a.       Apa sajakah khasiat dari Buah Sawo ?
b.      Mengatasi beberapa penyakit dengan buah sawo ?
c.       Bagaimana pemanfaatan buah sawo untuk bahan makanan ?






1.4    Sistematika Penulisan
Karya tulis ini disusun menurut sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I             :Pendahuluan yang meliputi Latar Belakang, Tujuan Penulisan Karya Tulis, Perumusan Masalah dan Sistematika Penulisan
BAB II                        : Telaah Pustaka
BAB II            I           :Metode Penelitian
BAB IV          :Hasil Penelitian meliputi, Pembahasan
BAB V            :Penutup meliputi, Kesimpulan


BAB II TELAAH PUSTAKA
2.1    Pengertian sawo
Sawo n 1 pohon, bercabang rendah, kayunya berat awet, buahnya dapat dimakan; sawo kecik; Manilkara kauki;2 kayu sawo;(kamus besar bahasa indonesia)
Sawo sebagai buah yang manis rasanya, selain kaya gula juga mengandung zat gizi lain seperti mineral, vitamin, karbohidrat dan serat pangan. Buah ini juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
2.2    Pengertian buah
Buah n 1 bagian tumbuhan yg berasal dr bunga atau putik (biasanya berbiji): pohon mangga itu banyak --nya; 2 kata penggolong untuk menghitung bermacam-macam benda: dua -- kapal; se-- negeri; dua -- rencana; 3 pokok bahan: -- percakapan; 4 hasil: -- jerih payahnya kini dapat dinikmati oleh keturunannya; sebab -- dikenal pohonnya, pb dr perbuatan atau perangai seseorang dapat diketahui asalnya; -- manis berulat di dalamnya, pb perkataan yg manis-manis biasanya mengandung maksud yg kurang baik; (kamus besar bahasa indonesia)
Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.
Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Buah)
2.3    Khasiat buah sawo
Selain kaya gula, sawo juga mengandung zat gizi lain seperti mineral, vitamin, karbohidrat, dan serat pangan. Dan menyimpan banyak khasiat untuk obat diare yaitu getah buah dan daunnya, buah ini juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Khusus untuk obat diare, ada dua cara, yang pertama  gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda, kemudian diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas. Hasil seduhan diminum sekaligus. Cara kedua, ambillah satu buah sawo muda, cuci sampai bersih. Parut, lalu diperas dan disaring. Bila perlu tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari. Selain buah sawo muda, daun sawo pun bisa dimanfaatkan, caranya sediakan satu mangkok daun, lalu cincang dalam dua gelas air bersih selama 15 menit. Air rebusan, kemudian diminum tiga kali sehari.
Biji sawo berwarna hitam berkilat atau coklat kehitaman. Bentuknya pipih dan besar. Biji sawo mengandung saponin, kuersetin, dan minyak sebanyak 23 persen. Biji sawo sebaiknya tidak dikonsumsi karena kandungan asam hidrosianik yang cukup tinggi dapat menjadi racun. Sementara itu, bunga sawo merupakan bahan utama pembuatan parem, yaitu bubuk obat tradisional yang digosokkan pada seluruh badan pada ibu yang baru melahirkan.
Rasa buah sawo yang manis membuat buah ini banyak penggemarnya. Rasa manis ini disebabkan kandungan gula dalam daging buah dengan kadar 16-20 persen.
Bukan hanya gula, dalam daging buah sawo terkandung pula lemak; protein; vitamin A, B, dan C; mineral besi, kalsium, serta fosfor. Komposisi gizi buah sawo dapat dilihat pada tabel.
Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Kandungan kaliumnya,193 mg/100 g. Sawo juga memiliki kadar natrium, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Selain kaya akan kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya.

Kandungan mineral per100 gram buah sawo:
No.
Item
Nutrisi
1
Kalsium
21mg
2
Magnesium
12 mg
3
Fosfor
12 mg
4
Selenium
0,6 mg
5
Seng
0,1 mg
6
Tembaga
0,09 mg
7
Vitamin C
14,7 mg

Sawo juga kaya akan vitamin C, yaitu 14,7 mg/100 g. Konsumsi 100 gram sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga.
Selain itu, konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.
Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Vitamin lain yang juga terkandung pada buah sawo adalah: riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan.
Buah sawo juga mengandung banyak gula sehingga baik untuk digunakan sebagai sumber energi. Namun, buah ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes melitus karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.
(http://kesehatan.kompas.com/read/2010/07/19/0900293/Buah.Sawo.Baik.untuk.Jantung)
          Vitamin lain yang terkandung dalam buah sawo yakni riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan. Buah sawo juga mengandung banyak gula sehingga baik untuk digunakan sebagai sumber energi. Namun, buah sawo tidak dianjurkan bagi penderita diabetes melitus karena bisa
meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. (http://cintaku.mywapblog.com/manfaat-kandungan-gizi-buah-sawo.xhtml )

2.4    Mengatasi beberapa penyakit dengan buah sawo ?
Sawo ternyata juga bisa bermanfaat sebagai mengobati beberapa penyakit seperti radang mulut, diare, dll Bagi penderita radang mulut, segeralah ambil satu mangkok daun sawo. Lalu cincang dalam 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur. Sementara untuk menyembuhkan disentri, ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih. Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. Sedikit demi sedikit ditelan, lalu minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.
Berdasarkan penelitian, daun dan batang sawo ternyata mengandung falvonoida. Di samping itu daun juga mengandung saponin dan batangnya juga mengandung tanin. Zat-zat inilah yang mengambil peran penting, dalam menyembuhkan penyakit-penyakit di atas .
Daun dan batang buah sawo juga bisa menyembuhkan penyakit diare, ada dua cara, yang pertama  gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda, kemudian diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas. Hasil seduhan diminum sekaligus. Cara kedua, ambillah satu buah sawo muda, cuci sampai bersih. Parut, lalu diperas dan disaring. Bila perlu tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari. Selain buah sawo muda, daun sawo pun bisa dimanfaatkan, caranya sediakan satu mangkok daun, lalu cincang dalam dua gelas air bersih selama 15 menit. Air rebusan, kemudian diminum tiga kali sehari.
Ada bermacam-macam penyakit yang menyerang akibat pencernaan manusia. Salah satunya yang cukup menyiksa adalah buang air besar yang bercampur dengan lendir dan darah.
Biasanya para penderita penyakit ini kalau masuk kamar kecil (untuk buang air besar) tidak bisa dalam waktu yang singkat, akan tetapi memakan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena kotoran tidak bisa dikeluarkan begitu saja, namun harus dilakukan dengan mengeden yang agar keras terlebin dulu.
Dan apabila apabila Anda mempunyai pederitaan seperti ini, atasilah dengan cara berikut, Sediakan 5 buah sawo manila yang masih muda (mengkal). Cuci hingga bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu campur dengan sedikit air hangat dan ditambah garam dapur secukupnya. Aduk hingga rata Lalu peraslah untuk diambil airnya. Masukkan air tersebut ke dalam gelas dengan menggunakan saringan, dan minumlah setiap hari 1 kali. Ulangi beberapa kaii hingga Anda dapat buang air dengan lancar dan tidak bercampur dengan lendir dan darah.
2.5.  Bagaimana pemanfaatan buah sawo untuk bahan makanan ?
Karna rasanya yang manis, selain untuk dimakan langsung ternyata buah sawo juga bisa diolah menjadi beberapa olahan seperti sebagai berikut:
MANISAN BUAH SAWO (Basah)

Bahan-bahan:
1. Buah sawo, dipilih yang awal matang (belum lembek saat ditekan, kulit buah masih agak keras),
2. Gula pasir,
3. Asam sitrat (Citric Acid) / Sitrun sur (Citroen zuur),
4. Air

Alat:
Pisau, telenan, panci, baskom, kompor, sendok, saringan.

Petunjuk
1. Sawo dikupas, dibersihkan, diiris-iris sesuai selera,
2. Sawo dicuci bersih untuk menghilangkan getah,
3. Sawo di-blanching (direbus pada air mendidih selama 2-3 menit). Fungsinya untuk membuka pori-pori buah sehingga larutan gula lebih mudah meresap, serta untuk menonaktifkan enzim dalam buah.
4. Irisan sawo diangkat dan ditiriskan,
5. Membuat larutan gula dengan memanaskan air sesuai selera dengan gula pasir.
Ukuran perbandingan :
1 gelas air : 2 sendok makan gula pasir
= 200 mL : 10 gr gula pasir
6. Menambahkan asam sitrat kira-kira sebanyak 0,6%,
7. Direbus hingga mendidih kemudian dimatikan apinya,
8. Sawo dimasukkan dalam larutan gula,
9. Tunggu sampai dingin, lalu dikemas atau dihidangkan. Lebih enak santap dengan es.
Pengemasan :
1. Dikemas dalam plastik (yang agak tebal, kedap air) jika telah
dingin, bisa tahan hingga sekitar 1-1,5 hari.
2. Pengemasan dengan botol kaca :
- Botol dibersihkan, lalu direbus dalam air sampai mendidih selama 15 menit.
- Botol diangkat dan dikeringkan.
- Irisan sawo dimasukkan botol sampai tingginya 9/10 bagian botol.
- Larutan gula dimasukkan selagi masih panas.
- Botol berisi manisan dipanaskan dalam air mendidih selama 5-10 menit (tinggi air yang dipakai untuk memanaskan hampir sama dengan tinggi irisan sawo dalam botol).
- Botol diangkat dan segera ditutup.

MANISAN BUAH SAWO (Kering)          

Bahan-bahan:
1. Buah sawo, dipilih yang awal matang (belum lembek saat ditekan,
2. kulit buah masih agak keras),
3. Gula pasir,
4. Asam sitrat (Citric Acid) / Sitrun sur (Citroen zuur),
5. Gula halus
6. Air
Alat :
Pisau, telenan, panci, baskom, kompor, sendok, saringan.
Petunjuk
1. Langkah 1-4 sama dengan manisan basah.
2. buat larutan gula dengan mencampurkan air, gula pasir 50%,
Ukuran perbandingan :
1 gelas air : 100 gr gula pasir
= 200 mL : 100 gr gula pasir
3. Menambahkan asam sitrat kira-kira sebanyak 0,6%,
4. Setelah mendidih api dimatikan.
5. Irisan sawo direndam dalam larutan gula kurang lebih semalam,
6. Irisan sawo ditiriskan kemudian ditaburi gula halus,
7. Irisan sawo dijemur/dikering-anginkan sampai tingkat kekeringan seperti kurma.
8. Taburi lagi dengan gula halus, kemudian dikemas.
Pengemasan :
Pengemasan bisa dilakukan menggunakan plastik (usahakan dapat kedap udara). Dapat tahan hingga 2 minggu atau lebih.
Catatan :
Kalau buah sawonya lembek atau sudah matang, sebelum di-
blanching direndam dulu dalam larutan kapur selama satu jam

BOLU SAWO HITAM MANIS
BAHAN :
• 5 buah (470 gram) sawo matang
• 4 butir telur
• 220 gram gula pasir
• 1/2 sendok teh soda kue
• 1/2 sendok teh baking powder
• 200 gram tepung terigu protein sedang
• 100 ml minyak sayur
CARA MEMBUAT BOLU SAWO HITAM MANIS :
1.       Rebus sawo dengan air mendidih. Dinginkan. Kupas kulitnya dan haluskan dengan garpu. Sisihkan.
2.      Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan soda kue dan baking powder. Aduk rata.
3.      Tambahkan tepung terigu sambil diayak bergantian dengan minyak sayur sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah.
4.      Masukkan sawo sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
5.      Tuang adonan ke loyang tulban diameter 22 cm yang dioles margarin.
6.      Oven 50 menit dengan suhu 190 derajat Celsius.
Catatan: Untuk 12 potong
SIRUP SAWO
Bahan:
1.    1 kg daging sawo yang matang penuh
2.    4g asam strat
3.    1 kg gua pasir
4.    2l air matang
5.    4 g CMC
6.    0,25 g potassium sorbat
Cara membuat:
1)   Cuci buah untuk menhilangkan kotoran yang melekat, kupas kulitnya, kemudian hancurkan daging buah menjadi bubur buah.
2)   Tambahkan air, aduk, kemudian saring untuk memisahkan sari buah dari ampasnya.
3)   Campur gula pasir dan CMC larut, lalu aduk sampai tercampur rata
4)   Tambahkan campuran gula pasir dan CMC ke dalam sari buah, aduk sampai semua gula dan CMC larut.
5)   Tambahkan asam sitrat ke daam sari buah, aduk sampai asam sitrat larut.
6)   Sebagai pengawet, tambahkan potassium sorbat (0,25 g per q l sirup), aduk sampai semua larut
7)   Pasteurisasi dengan cara dipanaskan pada suhu 80 derajat C selama 10 menit.
8)   Kemas sirup sawo menggunakan botol yang telah disterilkan terlebih dahulu
9)   Atur botol yang telah ditutup dalam panci,tuangi air dingin, dan rebus selama 30 menit.
SARI BUAH SAWO
Bahan:
1.    1 kg daging buah sawo matang
2.    3 l air matag
3.    600 g gula pasir
4.    4 g asam sitrat
5.    4 g CMC
6.    0,25 g potasium sorbat
Cara mebuat:
1)   Cuci buah sawo dengan air yag bersih, kupas kuliat buahnya, buang bijinya, dan ambil daging buahnya
2)   Hancurkan daging uah menjadi bubur buah menggunakan blender. Tambahkan air, lalu aduk hingga merata
3)   Saring bubur buah sampai diperoleh sari buah bebas serat.
4)   Campur CMC dan gula pasir, aduk sampai tercampur merata. Tambahkan ke dalam sari buah.
5)   Tambahkan asam sitrat ke dalam sari buah, aduk sampai semua asam sitrat larut. Sebagai pengawet, tambahkan potasium sorbat (o,25 g per 1 l sari buah)
6)   Masak pada suhu 80 derajat selama 10 menit
7)   Kemas sari buah ke dalam kemasan yang steril dan pasteurisasi dengan cara direbus
8)   Atur botol yang telah ditutup dalam panci, tuangi air dingin, kemudian rebus selama 30 menit.


Bab III Metode Penelitian
Dalam penulisan karya tulis ini, tim penulis menggunakan dua metode penulisan, yakni metode deskriptif. Metode deskriptif (menggambarkan) merupakan metode yang gaya penulisannya dengan cara menerangkan suatu masalah atau gejala dengan memberikan deskripsi secara kasat mata atau deskripsi fisik tanpa mencari hubungan sebab-akibat antara hal-hal yang digambarkan. Gaya penulisan deskriptif menggunakan pola pertanyaan 5 W dan I H, yaitu who (siapa), what (apa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa) dan how (bagaimana).
1.      Menemukan masalah
Tim penulis ini menemukan masalah dari buah-buah yang belum terkenal khasiatnya seperti buah sawo yang walaupun luarnya saja yang terlihat jelek tapi ternyata dalamnya mengandung khasiat dan bisa diolah berbagai macam makanan seperti: es krim, dll
2.      Menjelaskan masalah
Tim penulis ini menjelaskan masalah dengan mengembangkan buah sawo selain hanya dimakan ternyata buah sawo bisa         diolah berbagai macam makanan
3.      Cara perolehan data
Tim kami memperoleh dari internet, maupun buku elektronik.
4.      Kajian data
Kajian data yang tim gunakan adalah data sekunder (data yang bersumber dari internet)
5.      Instrument yang digunakan
Tim penulis ini menggunakan sistem internet dalam kegiatan penelitian
6.      Objek yang diobservasi
Objek yang diobservasi pada tim penulis ini adalah buah sawo.
  1. Analisis data
cara tim penulis ini menganalisis data adalah dengan cara analisis deskriptif.
BAB IV hasil penelitian dan pembahasan

4.1  Hasil Penelitian
a.      Sejarah buah sawo
Sawo berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di India, Sri Lanka, Filipina, Meksiko, Venezuela, Guatemala, dan Amerika Tengah, buah sawo sudah dibudidayakan secara komersial. Di Indonesia, sawo umumnya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk dinikmati buahnya, terutama di daerah Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.
Biji sawo berwarna hitam berkilat atau coklat kehitaman. Bentuknya pipih dan besar. Biji sawo mengandung saponin, kuersetin, dan minyak sebanyak 23 persen. Biji sawo sebaiknya tidak dikonsumsi karena kandungan asam hidrosianik yang cukup tinggi dapat menjadi racun. Sementara itu, bunga sawo merupakan bahan utama pembuatan parem, yaitu bubuk obat tradisional yang digosokkan pada seluruh badan pada ibu yang baru melahirkan.
Rasa buah sawo yang manis membuat buah ini banyak penggemarnya. Rasa manis ini disebabkan kandungan gula dalam daging buah dengan kadar 16-20 persen.
4.2  Kesimpulan
Berdasarkan artikel ini, tim penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Di balik rasanya yang manis, buah sawo ternyata mengandung banyak khasiat seperti, baik kesehatan jantung dan pembuluh darah, dll.
2.      Buah sawo ternyata juga menyimpan banyak manfaat, selain hanya untuk dimakan langsung ternyata buah sawo bisa diolah menjadi ice cream, manisan buah sawo yang kering maupun basah, dll.


4.3  Saran
Berdasarkan artikel ini penulis mengambil saran sebagai berikut :
1.      Mari kita membudayakan  flora dan fauna Indonesia seperti buah sawo, karena buah sawo juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.
2.      Memanfaatkan flora dan fauna Indonesia dengan cara yag baik, agar tidak  merusak ekosistem sekitar.


DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional. Pengertian sawo kamus besar bahasa indonesia diunduh bulan Januari 2012
__________. http://id.wikipedia.org/wiki/Buah. Pengertian Buah. Diunduh Januari 2012
__________. http://khasiatbuah.com/buah-sawo.htm. Khasiat Buah Sawo. Diunduh bulan Januari 2012
__________. http://cintaku.mywapblog.com/manfaat-kandungan-gizi-buah-sawo.xhtml).  Kandungan Buah Sawo. Diunduh bulan Januari 2012
__________. http://id.wikipedia.org/wiki/Buah. Pengertian buah. Diunduh bulan Januari 2012
__________. http://shirotsuya.multiply.com/recipes/item/3. Manisan Buah Sawo Kering
__________. http://shirotsuya.multiply.com/recipes/item/1. Manisan Buah Sawo Basah. Diunduh bulan Mei 2012
__________. http://hobimasak.info/resep-bolu-sawo-hitam-manis/. Resep bolu sawo hitam manis. Diunduh bulan Mei 2012
__________.http://kesehatan.kompas.com/read/2010/07/19/0900293/Buah.Sawo.Baik.untuk.Jantung. Buah sawo baik untuk jantung. Diunduh bulan Januari 2012
__________.http://obatkuno.com/tag/buah-sawo. Obat buang air besar lender darah. Diunduh bulan Mei 2012
__________. http://hobimasak.info/resep-bolu-sawo-hitam-manis/. Resep bolu sawo hitam manis. Diunduh bulan Mei 2012

Comments

  1. ituBola - Situs Judi Bola Online | Sportsbook Terlengkap & Terpercaya

    Situs Judi Online Sportsbook Terpercaya, Terbaik serta Berlisensi di Indonesia. Menyediakan berbagai macam permainan Sportsbook Terlengkap.

    Cukup 1 User id untuk bermain semua taruhan Permainan Meliputi :
    - Sportsbook Terlengkap
    • Sepak Bola
    • BasketBall
    • Esports
    • Dan Lainnya

    Menang Lebih Mudah Disini Serta Dapatkan Juga :
    => Bonus Cashback 5% (Yang dibagikan setiap Hari Seninnya).
    => Pelayanan Terbaik Dengan Customer Service 24 Jam Nonstop.

    Deposit Bisa Melalui :
    => Via Bank Lokal Indonesia.
    => Via OVO, GOPAY, PULSA Telkomsel & XL/Axis Atau E-Payment Lainnya.

    • Minimal Deposit 25,000 | Minimal Withdraw 50,000
    • Proses Deposit & Withdraw Tercepat

    Untuk Pendaftaran Hubungi Kontak Kami:
    - LINE : itubola757
    - WHATSAPP : +85517696120
    - LIVE CHAT : ituBola

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berita Menggunakan Basa Jawa (Krama)

Lirik Lagu One Direction Lengkap (album Up All Night)