Tips pembelajaran yang kreatif dan inovatif


Belajar merupakan kewajiban seorang manusia. Dengan belajar kita bisa mendapat ilmu yang bisa kita pakai atau kita gunakan dikemudian hari. Belajar merupakan hal sederhana yang bisa kita dapat dimana dan kapan saja. Indonesia sekarang sudah menjadi Negara yang berkembang seharusnya pendidikan di Indonesia juga berkembang dan lebih maju. Kita tahu bahwa Indonesia sekarang pendidikannya sudah kurang memadai. Mulai dari tempat, alat-alat, perlengkapan sekolah dan juga guru. Guru juga termasuk faktor dari sebuah sekolah yang sukses. Kadang pembelajaran guru yang tidak disukai siswa. Aspek gaya pembelajaran yang diberikan guru juga termasuk faktor malasnya siswa belajar. Contohnya banyak sekali siswa yang tidur saat pembelajaran berlangsung. Salah satu faktornya karena mungkin gaya pembelajarannnya yang membosankan atau gurunya yang tidak aktif.
Mungkin banyak guru yang sudah lelah dengan muridnya yang nakal ataupun dengan nilai yang tidak memuaskan. Mungkin salah satu penyebabnya terjadi di gaya belajar dan pembelajarannya yang diberikan oleh guru tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Mungkin karena terlalu bosan, kurang inovasi atau yang lain sebagainya. Dengan gaya pembelajaran yang baru dan kreatif membuat siswa menjadi tidak cepat lelah dan semangat menghadapi pembelajaran tersebut. Saya akan memberikan beberapa tips gaya pembelajar yang inovatif.
Tips pembelajaran yang kreatif dan inovatif :
  1. Pembelajaran yang kreatif seperti menyelipkan beberapa games atau permainan yang berkaitan pembelajaran itu salah satu tameng jika siswa sudah mulai bosan dengen pembelajaran yang kita tekankan kepada mereka 
  2.  Selipkan beberapa cerita yang juga berkaitan dengan pembelajaran dan terdapat nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita tersebut agar siswa bisa mengambil nilai tersebut dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari 
  3.  Jika kita memberikan mereka pr dan sewaktu-waktu ada siswa yang tidak mengerjakan jangan sekali-sekali mereka dihukum itu membuat mereka trauma dengan guru maupun pelajarannya. 
  4.  Masih berkaitan dengan yang ketiga jika kita memberikan pr sebaiknya kita menanyakan nomor berapa yang sulit, agar kesulitan mereka bisa kita bantu dan membuat mereka bisa mengerjakan soal. Setelah itu kita bahas seluruh soal. Mungkin ada anak yang takut kepada kita sehingga ia tidak berani mengatakannnya. 
  5.  Sebaiknya guru yang menurut saya baik jika guru tersebut terbiasa berkeliling kelas. Melihat keadaan kelas mungkin ada siswa yang tidak focus pelajaran atau yang lainnya. Jika begitu kalian harus menegur saja  jangan dimarahi 
  6.  Buatlah semacam bintang prestasi. Itu bisa membuat anak-anak semangat belajar. Begini caranya, kita membuat daftar nama siswa yang ada di kelas tersebut lalu jika ada anak yang berperilaku baik selama pelajaran kita beri mereka satu bintang, jika mereka mengerjakan PR kita beri mereka dua bintang, lalu jika mereka mendapa nilai bagus Kita kasih mereka empat bintang. Jika mereka berperilaku tidak baik contohnya berkata yang tidak sopan, telat, berkelahi dengan teman, tidur saat pembelajaran atau yang lain sebagainya itu bisa kita copot bintangnya satu sampai lima. Itu menjadi salah satu efek jera agar mereka tidak berperilaku seperti itu lagi. Jika bintang mereka sudah seratus kita bisa memberikan hadiah kepada mereka sebagai bentuk hadiah atau reward karena mereka bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Itu membuat siswa menjadi semangat belajar, semangat mengerjakan PR, dan semangat berlomba-lomba mendapat nilai bagus saat ulangan.
Dengan gaya belajar seperti ini mungkin saja kita menjadi guru favorit di sekolah atau siswa selalu menunggu kedatangan kita saat pelajaran. Itu merupakan kebanggaan tersendiri untuk kita jika kita bisa melihat siswa tersenyum ceria saat pelajaran sedang berlangsung. Merupaka menjadi kebanggan tersendiri jika murid sangat menyayangi pelajaran kita. Dan membuat siswa tidak malu bertanya jika kita dekat dengan mereka. Mereka menjadi terbuka dengan guru, sehingga masalah apapun mereka akan ceritakan kepada guru.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Karya Ilmiah Remaja : Manfaat Buah Sawo

Berita Menggunakan Basa Jawa (Krama)

Lirik Lagu One Direction Lengkap (album Up All Night)